shinzo abeTokyo, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memastikan dirinya berharap dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, meski rencana kunjungan Putin ke Jepang masih belum dipastikan tanggalnya.

“Terkait dengan rencana kunjungan Putin ke Jepang, saya sungguh berharap hal itu akan terwujud, meski agendanya masih harus ditetapkan lebih dahulu,” kata Shinzo Abe dalam sebuah konperensi pers sebagaimana laporan RIA Novosti, Jumat (26/9).

“Kami berbicara melalui telepon pada hari ulang tahun saya tanggal 21 September. Kami setuju untuk melanjutkan dialog kedua negara,” tambah Abe dalam pernyataannya.

Lebih jauh Abe menambahkan bahwa dirinya berharap untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Sebagai contoh, saya akan menggunakan platform internasional, seperti pertemuan APEC Summit bulan November mendatang sebagai pertemuan bilateral tingkat tinggi,” tambahnya.

Vladimir Putin dijadwalkan akan mengunjungi Japan musim semi mendatang. Namun pemerintah Jepang mengatakan bahwa kepastian akhir kunjungan itu masih menunggu beberapa faktor pertimbangan.

Rencana kunjungan Menlu Jepang Fumio Kishida ke Rusia juga masih belum ditetapkan meski beberapa laporan menyebutkan bahwa kunjungan ini akan dilakukan sebelum kunjungan Putin ke Jepang. Kunjungan Kishida tertunda menyusul terjadinya krisis di Ukraina yang melibatkan Rusia.

Saat ini Jepang tengah menghadapi tekanan dari negara-negara barat untuk turut memberikan sanksi ekonomi kepada Rusia terkait krisis di Ukraina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL