malikiBaghdad, LiputanIslam.com — PM Irak Nouri al Maliki membuat pernyataan keras perihal aksi-aksi kekerasan yang kini melanda negerinya. Dalam wawancara dengan media Perancis France 24 hari Sabtu (8/3), Maliki menuduh Saudi dan Qatar sebagai dalang dari aksi-aksi kekerasan yang melanda Irak dan secara efektif keduanya kini tengah memerangi Irak.

“Kedua negara itu (Saudi dan Qatar) adalah penanggungjawab utama dari krisis sektarian dan terorisme di Irak,” kata Maliki.

Pada hari yang sama serangan-serangan teroris menelan 15 nyawa warga Irak, menambah jumlah korban kekerasan yang kini melampaui angka 1.800 jiwa sepanjang tahun ini saja.

Menurut Maliki yang adalah seorang panganut Syiah, tuduhan dirinya melakukan penindasan terhadap pengikut Sunni adalah rekayasa yang dilakukan oleh “agenda-agenda asing, dengan Saudi dan Qatar sebagai pelakunya.”

Maliki menuduh Riyadh dan Doha telah menyediakan dukungan politik, keuangan serta media terhadap para kelompok-kelompok militan, dan menuduh kedua negara telah “membeli senjata-senjata bagi keuntungan kelompok-kelompok teroris.”

Aksi-aksi kekerasan semakin tinggi seiring terjadinya pertempuran sengit yang kini berlangsung di Provinsi Anbar dimana pasukan pemerintah dan milisi-milisi pendukungnya berusaha merebut kembali beberapa wilayah yang dikuasai kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaida. Dengan pemilu yang bakal digelar 30 April mendatang, Maliki bertekad memulihkan keamanan dengan memerangi kelompok-kelompok teroris.

Dalam upayanya meraih dukungan internasional dalam memerangi terorisme, Irak akan menggelar konperensi internasional tentang terorisme hari Rabu (12/3) mendatang.

Dalam serangan-serangan yang terjadi di beberapa tempat di Irak, hari Sabtu (8/3), 15 orang tewas, termasuk seorang kandidat anggota parlemen, dan 4 anak-anak, demikian keterangan petugas medis dan keamanan Irak.

Pada bulan ini saja sebanyak 110 orang telah tewas, dan ditambah dengan bulan Januari serta Februari 2014, angka korban tewas telah mencapai angka 1.800 jiwa. Demikian laporan AFP berdasarkan data-data otoritas Irak.

“Mereka (Saudi dan Qatar) tengah menyerang Irak, melalui Suriah, dan dengan cara langsung, dan mereka telah mengumumkan perang terhadap Irak,” tambah Maliki dalam wawancaranya.(ca/voice of russia/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL