Dakota, LiputanIslam.com–Belum beroperasi secara penuh, pipa minyak Dakota (DAPL) sudah kebocoran lebih dari 100 galon minyak di dua titik berbeda di kawasan Dakota Utara.

Menurut informasi dari Departemen Kesehatan Dakota Utara, dua barrel, atau 84 galon, bocor di terminal pipa di kota Watford pada tanggal 3 Maret. Minyak yang bocor dengan cepat ditahan sebelum lebih banyak mengontaminasi salju sekitar. Tidak ada orang, binatang atau sumber air yang terkena limpahan minyak ini.

Di insiden yang lain, setengah barrel, atau 20 galon, bocor pada tanggal 5 Maret di daerah pedalaman Mercer County.

Proyek konstruksi pipa minyak Dakota yang seharga $3.8 milyar adalah pipa yang menyalurkan minyak sejauh 1.930 kilometer dari Dakota Utara ke Illinois. Sementara insiden kebocoran minyak sudah terjadi 3 kali dalam sebulan terakhir.

Pada tanggal 1 April lalu, kesalahan konstruksi telah menyebabkan  84 galon bocor di Tulare, sebuah kota kecil di Dakota Selatan, seperti dilansir dari Aberdeen News.

Kelompok suku pribumi Dakota, Standing Rock Sioux, telah lama memperingatkan akan kemungkinan kebocoran pipa minyak yang mengancam sumber air bersih mereka.

Kelompok suku ini juga telah meminta hakim untuk menyatakan bahwa penerbitan izin pipa minyak oleh pemerintah Trump adalah tindak ilegal. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL