4×4 Mistral buatan PT Pindad (foto:bumn.go.id)

4×4 Mistral buatan PT Pindad (foto:bumn.go.id)

Bandung, LiputanIslam.com–PT Pindad saat ini sedang mengerjakan kontrak pembuatan tank AMX-13. Hingga saat ini, PT Pindad (Persero) telah berhasil membuat first article yaitu satu unit AMX-13 tipe Kanon. Satu unit ini telah mengalami beberapa rekondisi maupun penggantian dengan komponen yang benar-benar baru. Komponen kendaraan yang diubah adalah mesin yang digunakan, serta penambahan senjata Canon105 mm, fire control system yang sudah elektronik, dan transmisi otomatis.

Selain AMX-13, PT Pindad (Persero) juga mengerjakan proyek kendaraan khusus yang lain, seperti kendaraan taktis 4×4 Mistral, proyek Panser Anoa untuk tahun 2013 dan 2014, tank Leopard, serta proyek Munisi Kaliber Besar dan Roket.

Keberhasilan Indonesia memproduksi berbagai peralatan canggih sempat menimbulkan keheranan dalam acara pameran Diaspora tahun 2013 yang lalu. Saat itu, Pindad menampilkan berbagai tipe senjata seperti SS2, SPR2, SPR3. PT PAL (Persero) memamerkan kapal produksinya, dan PT DI dengan pesawat produk terbarunya, N219

Menurut penjaga stand perusahaan-perusahaan ini, banyak delegasi diaspora yang tidak tahu bahwa Indonesia (PT Pindad) mampu memproduksi senjata. Bahkan ada pengunjung yang menyebut Indonesia hanya produsen miniatur kapal karena pada acara ini hanya membawa miniatur. Padahal, produk kapal PT PAL sudah beberapa kali diekspor ke Jerman dan Italia. (dw/bumn.go.id/detikcom)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL