MPR_-_DPR_RI_84Jakarta, LiputanIslam.com—Pimpinan DPR telah rampung menyusun pertimbangan atas perubahan nomenklatur  kementerian Presiden Joko Widodo tadi malam, Jumat (24/10). Pertimbangan itu akan diserahkan kepada Presiden hari ini (25/10) atau besok.

“Sampai dengan tadi malam kami diberikan draft oleh Kesekjenan yang kami tugaskan untuk menyusun pertimbangan yang mengundang para ahli hukum dan ahli tata negara. Tadi malam sudah jadi, tinggal kami koreksi pertimbangan tersebut,” ujar Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, seperti dikutip Detikcom, Sabtu (25/10).

Sementara itu Presiden Jokowi berencana mengumumkan susunan kabinetnya pada besok sore, Ahad (26/10) pukul 16.00 WIB.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengirim surat kepada DPR, meminta pertimbangan tentang perubahan nomenklatur kementerian. Ada enam kementerian yang akan berubah di kabinet Jokowi-JK.

Nomenklatur kementerian yang berubah yaitu menteri PU dan menteri perumahan rakyat menjadi menteri PU dan perumahan Rakyat; menteri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi menteri pariwisata; menteri pendidikan dan kebudayaan menjadi dua yaitu menteri kebudayaan, pendidikan dasar dan menengah serta menteri pendidikan tinggi, riset dan teknologi.

Sementara itu menteri kehutanan dan menteri lingkungan hidup dijadikan satu menjadi menteri kehutanan dan lingkungan hidup; kementerian tenaga kerja dan transmigrasi dan kementerian PDT dilebur menjadi dua kementerian, yaitu kementeritan tenaga kerja, kementerian desa dan kementerian daerah tertinggal; dan menko kesejahteraan rakyat diubah jadi menko pembangunan manusia dan kebudayaan. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL