pesawat taiwan3Taipei, LiputanIslam.com — Tim pencari dan penyelamat kecelakaan pesawat TransAsia Airways di Taiwan menemukan pilot pesawat tersebut dalam kondisi masih memegang kemudi. Hal ini mengindikasikan ia masih berusaha melakukan penyelamatan hingga saat-saat terakhir.

Seperti dilaporkan Press TV, Jumat (6/2), para pencari menemukan pilot Liao Chien-tsung telah meninggal di dalam kockpitnya dengan kondisi kaki terluka parah. Selain itu mereka juga menemukan sang pilot masih memegangi kemudi pesawat. Demikian laporan China Times sebagaimana dikutip Press TV.

Setidaknya 35 orang meninggal dalam kecelakaan tersebut, ketika pesawat TransAsia turboprop ATR72-600 jatuh ke dalam sungai Keelung setelah tinggal landas dari bandara Taipei, Rabu (4/2). Petugas masih mencari 8 penumpang yang masih hilang.

Media-media setempat menulis tentang penemuan pilot Liao Chien-tsung tersebut dengan nada puja-puji atas tindakan sang pilot. Ia dianggap sebagai pahlawan yang terus berjuang untuk menghindarkan korban yang lebih besar dengan menghindarkan pesawat jatuh di tempat pemukiman. Tindakannya menjatuhkan pesawat ke dalam sungai juga dianggap berhasil mencegah pesawat mengalami kebakaran sekaligus menghindarkan korban penumpang lebih besar.

“Ia berjuang mengendalikan pesawat hingga saat-saat terakhir sebelum pesawat jatuh ke dalam sungai, dalam upaya mengendalikan pesawat ke arah tersebut untuk mengurangi jumlah korban,” tulis China Times.

Sementara itu beberapa pengamat penerbangan menyebutkan  kemungkinan pemberian sanksi terhadap maskapai penerbangan swasta pertama Taiwan ini akibat terjadinya kecelakaan yang berurutan. Pada bulan Juli tahun lalu sebuah pesawat TransAsia Airways lainnya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan 48 penumpangnya tewas di Kepulauan Penghu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL