solar impulse2Abu Dhabi, LiputanIslam.com — Pesawat bertenaga surya Solar Impulse-2 memulai penerbangannya untuk memecahkan rekor dunia penerbangan pertama pesawat bertenaga surya keliling dunia.

BBC News melaporkan, Senin (9/3), pesawat itu tinggal landas dari Abu Dhabi, hari Senin. Selanjutnya selama 5 bulan mendatang pesawat ini akan melintasi negara-negara, benua dan samudra.

Pesawat berkursi tunggal itu dipiloti oleh warga negara Swiss Andre Borschberg yang kemudian akan bergantian dengan rekannya sesama warga Swiss Bertrand Piccard.

Pesawat itu direncanakan akan mendarat di beberapa tempat untuk beristirahat, melakukan perbaikan dan menyebarkan kampanye teknologi ramah lingkungan.

“Saya sangat yakin dengan pesawat yang sangat spesial ini, yang akan membawa kami melintasi benua-benua,” kata Borschberg kepada BBC News sebelum sebelum tinggal landas.

BBC menyebut proses tinggal landas pesawat tersebut sebagai peristiwa yang sangat menarik perhatian dalam sejarah teknologi mengingat bahwa energi matahari diperkirakan bakal menjadi energi yang dominan di dunia pada tahun 2050 mendatang.

Harga panel surya, sumber energi yang menjadi ‘bahan bakar’ pesawat tersebut telah turun 70% dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan turun lagi ke tingkat yang lebih efisien dalam beberapa tahun mendatang.

BBC menyebutkan Deutsche Bank telah memperkirakan berdasarkan analisisnya bahwa energi matahari akan sama efektifnya dan efisien dengan energi fosil sebelum tahun 2020. Sementara di Inggris para pakar energi matahari memperkirakan energi tersebut akan sama efisiennya dengan energi gas dalam 18 bulan mendatang. Di AS energi matahari bahkan telah menggeser penggunaan energi batu bara.

Proyek pesawat Solar Impulse sebelumnya telah mencatat sejumlah rekor, termasuk penerbangan melintasi AS pada tahun 2013, dengan pesawat Solar Impulse 1 yang lebih kecil.

Pesawat Solar Impulse 2 yang digunakan dalam penerbangan ini memiliki bentang saya selebar 72 meter, atau lebih lebar dari bentang sayap pesawat jumbo Boeing 747. Namun bobot Solar Impulse 2 hanya 2,3 ton. Pesawat ini memiliki 17.000 sel matahari sebagai sumber energinya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Comments are closed.