mig31-interception.siOslo, LiputanIslam.com — Militer Norwegian merilis gambar yang menunjukkan sebuah pesawat tempur F-16-nya yang nyaris bertabrakan dengan pesawat tempur Rusia.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, pesawat Rusia jenis MIG-31 itu melintas hanya berjarak kurang dari 20 meter dari pesawat Norwegia. Namun tidak ada penjelasan tentang waktu dan tempat terjadinya insiden itu, hanya disebutkan terjadi di wilayah udara internasional di utara wilayah teritorial Norwegia.

“Kami tidak mengetahui apakah pilot pesawat itu salah perhitungan atau memang sengaja mendekati jalur pesawat kami,” kata jubir militer Norwegia Brynjar Stordal sebagaimana dikutip Russia Today, seraya menambahkan bahwa tingkah laku pilot-pilot Rusia dalam mengemudikan pesawatnya sering di luar batas normal.

AU Norwegia telah melakukan pengusiran pesawat-pesawat Rusia sebanyak 43 kali tahun 2013 saja. Selama 5 tahun terakhir jumlah pelanggaran tersebut relatif konstan.

Menurut Stordal, pilot-pilot NATO ketika mengejar pesawat Rusia biasanya bertindak sopan dengan menjaga jarak aman. Insiden terakhir yang membahayakan terjadi tahun 2012 ketika pesawat tempur Mig-31 Rusia mendekati dan nyaris menabrak pesawat pengamat Orion milik Norwegia di atas Laut Barents.

Pesawat Mikoyan MiG-31 “Foxhound” merupakan pesawat penyergap tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 3.000 km per-jam. Kecepatan itu hanya kalah dari pesawat pengintai Lockheed SR-71 Blackbird buatan AS yang memiliki kecepatan hingga lebih dari 3,2 kecepatan suara (3.540 km per-jam). Namun pesawat SR-71 sudah tidak lagi aktif terbang dan telah memasuki masa pensiun beberapa tahun lalu.

Di sisi lain Norwegia memiliki 72 pesawat F-16 Fighting Falcon yang dibuat AS antara tahun 1980 dan 1984.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL