pesawat tempur israel

Sumber Foto: press TV

Damaskus, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat tempur Israel telah meluncurkan serangan di dekat perbatasan antara Lebanon dan Suriah. Sedangkan informasi lainnya yang beredar pada hari Senin, seperti yang dikabarkan Press TV,  menyebutkan bahwa surangan udara tersebut menghantam daerah Suriah. Israel sendiri menyatakan bahwa pesawat tempur mereka menargetkan Lebanon.

Hampir setiap hari Israel melanggar wilayah udara Lebanon, dan mengklaim penerbangan tersebut bertujuan untuk  keperluan surveilans  (memantau aktivitas yang mencurigakan). Pemerintah Lebanon telah mengajukan beberapa keluhan kepada PBB atas pelanggaran wilayah udara yang dilakukan pesawat militer Israel .

Israel telah melakukan serangan di Suriah beberapa kali sejak awal 2013. Menurut pihak Damaskus, serangan itu bertujuan untuk membantu militan asing  menggulingkan Presiden Bashar al – Assad.

Serangan udara oleh Israel atas Suriah, pertama kali dilancarkan pada tanggal 31 Januari 2013, di Syrian Scientific Studies and Research Center, sebuah pusat penelitian utama Suriah terhadap senjata biologi dan kimia, di Jamraya, beberapa mil barat laut dari ibukota Suriah, Damaskus. Rudal Rusia SA-17 , dan  bangunannya hancur. Hari itu bertepatan dengan konvoi militer Suriah, yang membawa rudal dan senjata canggihnya untuk sekutunya, Hizbullah.  Akibat konflik Suriah, lebih dari 130.000 orang dilaporkan tewas dan jutaan mengungsi ke negara tetangga. (LiputanIslam.com/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL