virgin galacticLos Angeles, LiputanIslam.com — Pesawat ruang angkasa milik swasta, Virgin Galactic’s SpaceShipTwo jatuh dalam penerbangan ujicoba di gurun pasir Kalifornia, AS, Jumat (31/10). Seorang pilot yang menerbangkannya tewas dalam musibah itu.

Sebagaimana laporan BBC News, pesawat itu tengah melakukan penerbangan ujicoba ketika terjadi sebuah “anomali serius” yang mengakibatkan kecelakaan.  Perusahaan tidak menjelaskan “anomali serius” yang dimaksud.

Ini adalah penerbangan ujicoba pertama dimana pesawat tersebut mengaktifkan roket peluncurnya. Ujicoba dilakukan di gurun pasir Mojave Desert, utara kota Los Angeles.

Pimpinan Virgin Group, Sir Richard Branson mengatakan bahwa ia “terkejut dan sedih” oleh “kecelakaan tragis” itu. Dalam postingannya di sebuah blog, ia mengatakan bahwa seluruh tim yang terlibat dalam proyek itu “sangat sedih”.

Ia pun mengatakan langsung terbang ke Kalifornia untuk mengetahui peristiwa itu lebih jelas, dan menyebut penerbangannya itu sebagai penerbangan “yang paling sulit yang pernah dilakukan”.

“Ruang angkasa adalah (pekerjaan) berat, namun berharga. Kami akan tegap gigih berjuang dan bergerak bersama,” tulisnya.

Dr David Whitehouse, seorang ahli ruang angkasa mengatakan kepada BBC bahwa kecelakaan ini membuktikan bahwa tidak ada jaminan keamanan yang kuat dalam setiap penerbangan ruang angkasa.

Galactic’s SpaceShipTwo dirancang dan dibuat oleh Scaled Composites untuk Virgin Group yang berambisi menjadikannya sebagai pesawat ruang angkasa yang melayani penumpang umum yang ingin berwisata ke ruang angkasa.

Dikabarkan telah 800 orang yang mendaftar sebagai penumpang SpaceShipTwo dengan harga tiket $200.000 atau lebih dari Rp 2 miliar.

Dua orang pilot yang mengemudikan penerbangan ujicoba itu juga bekerja untuk Scaled Composites. Seorang di antaranya tewas di lokasi jatuhnya pesawat, dan seorang lagi tidak diketahui kondisinya dan kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Sementara pesawat peluncur SpaceShipTwo yang diberi nama White Knight 2, mendarat dengan aman. Demikian Virgin Galactic mengumumkan.

Ini adalah insiden kedua penerbangan ruang angkasa oleh pihak swasta. Pada hari Selasa lalu (28/10) roket Antares yang disewa NASA untuk mengangkut kargo bagi stasiun ruang angkasa ISS, meledak beberapa detik setelah lepas landas.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL