Los Angeles, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat tempur AS mengusir pesawat-pesawat pembom strategis Rusia pada dua peristiwa terpisah di Alaska dan Kalifornia, hari Sabtu lalu (4/7). Demikian kantor berita Iran Press TV melaporkan, mengutip keterangan otoritas keamanan AS.

Peristiwa pertama terjadi di lepas pantai negara bagian Alaska, dimana 2 tempur F-22 dari pangkalan udara Alaska menyergap 2 pesawat pembom strategis Tupolev Tu-95 yang mampu membawa rudal nuklir. Sedangkan peristiwa kedua terjadi di lepas pantai California, dimana 2 pembom Tu-95 Bear disergap dan diusir pergi oleh 2 pesawat F-15.

Pejabat keamanan AS mengatakan dalam kedua insiden itu pesawat-pesawat pembom Rusia tidak memasuki wilayah udara AS menurut hukum internasional, yaitu 12 mil dari garis pantai.

Insiden-insiden sejenis sudah sering terjadi di antara kedua negara superpower itu, dan semakin meningkat seiring ketegangan di Ukraina dimana AS dan Rusia saling berselisih tentang siapa yang bersalah dalam krisis itu.

Pada bulan Mei lalu sebuah pesawat pengintai AS disergap dan nyaris terjadi tabrakan, oleh pesawat tempur Rusia di Laut Hitam. Juga di bulan yang sama pesawat-pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia terbang rendah berulang-ulang di atas kapal perang AS USS Ross di Laut Hitam.

Menurut laporan otoritas keamanan AS, penerbangan pesawat-pesawat pembom Rusia di wilayah Air Defense Identification Zone AS meningkat dua kali lipat tahun lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL