a-10 warthogWarsawa, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat tempur AS terlibat dalam latihan perang yang digelar NATO di Polandia, di tengah ketegangan Rusia terkait krisis Ukraina.

Kantor berita Iran Press TV melaporkan, Jumat (27/3), setidaknya 4 pesawat serbu darat A-10 Thunderbolt II yang dirancang untuk menghancurkan tank-tank dan peralawan perang darat lawan, terlibat dalam latihan tempur yang berlangsung di dekat perbatasan Rusia  itu.

Pesawat-pesawat tempur itu yang bersama 2 pesawat angkut C-130 Hercules terlibat dalam latihan itu secara temporer berbasis di pangkalan udara Powidz di barat Polandia. Demikian kata jubir militer Polandia Artur Golawski kepada media-media massa, Kamis (26/3).

Golawski menyebutkan bahwa pesawat-pesawat tempur itu akan melakukan latihan bersama pesawat-pesawat tempur F-16 dan Su-22 Polandia. Pada hari Jumat (27/3) pesawat-pesawat itu terbang ke Jerman.

Sebelumnya di bulan Maret ini tank-tank AS juga tiba di Polandia untuk melakukan latihan perang ‘Atlantic Resolve’ bersama negara-negara NATO lain. Latihan-latihan perang itu, klaim AS , ditujukan untuk menunjukkan keseriusan AS dalam menjaga keamanan sekutu-sekutu NATO-nya di tengah ketidakstabilan kawasan yang terjadi paska pecahnya konflik di Ukraina.

Polandia, mantan sekutu Rusia di era ‘Perang Dingin’ hingga akhir dekade 1980-an dan kini telah menjadi sekutu AS terpercaya, sebelumnya telah menyerukan agar AS dan NATO membangun pangkalan militer permanen di Polandia untuk menghadapi ‘ancaman Rusia’.

Menhan Polandia Tomasz Siemoniak hari Rabu (25/3), mengatakan Polandia menginginkan bisa menampung 10.000 pasukan NATO dalam berbagai latihan-latihan perang tahun ini.

“Kami tengah mempersiapkan kehadiran (pangkalan) permanen,” katanya.

AS dan sekutu-sekutu NATO-nya menuduh Rusia terlibat dalam konflik Ukraina dengan membantu gerakan separatis di wilayah itu. Rusia membantah tuduhan itu dan balik mengancam peningkatan kekuatan NATO akan menimbulkan dampak buruk yang serius bagi kawasan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*