nato aircraftStockholm, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat tempur Nato menyergap pesawat pengamat Rusia di atas Laut Baltik.

Seperti dilaporkan oleh BBC News, Estonia pada pada hari Rabu (22/10) telah memanggil dubes Rusia setelah pesawat pengamat Ilyushin-20 Rusia memasuki wilayah udara Estonia di perairan Laut Baltik.

Rusia membantah tuduhan itu dan menyebut pesawat tersebut tengah menjalankan misi latihan dan sama sekali tidak memasuki wilayah Estonia.

Jubir Kemenhan Rusia menyebutkan bahwa pesawat tersebut tinggal landas dari pangkalan udara Khrabrovo di Kaliningrad dan terbang “di atas wilayah udara netral” di Laut Baltik. Pesawat tersebut, klaim Kemenhan Rusia, menjalankan misi penerbangan yang sesuai dengan regulasi penerbangan internasional.

Terkait insiden tersebut Nato mengatakan bahwa pesawat Ilyushin Rusia itu tinggal landas dari pangkalan udara di Kaliningrad, hari Selasa (21/10) dan disergap oleh pesawat F-16 Denmark ketika memasuki wilayah udara negara itu, sebelum berbelok ke utara menuju Swedia.

Di Swedia, pesawat tersebut disergap oleh pesawat-pesawat tempur Swedia, untuk selanjutnya dikawal oleh pesawat-pesawat F-16 Portugis melintasi wilayah udara Estonia sebelum kembali ke Rusia.

Nato telah berkali-kali mengeluarkan tuduhan pelanggaran pesawat udara Rusia di wilayah udara negara anggota pakta pertahanan Atlantik Utara itu, khususnya beberapa bulan terakhir setelah terjadinya krisis di Ukraina.

Sementara itu sejak akhir pekan lalu Swedia masih disibukkan oleh aksi pencarian terhadap kapal selam misterius yang mereka duga adalah kapal selam Rusia yang oleh saksi mata disebutkan berada di perairan Kepulauan Stockholm, 48 km dari ibukota.

Rusia membantah tegas keberadaan kapal-kapalnya di perairan Swedia. Sementara militer Swedia mengakui telah merilis laporan yang keliru tentang keberadaan kepal selam itu, meski tidak membantah tentang keberadaan kapal selam misterius tersebut.

Bulan lalu, Estonia menuduh Rusia telah menculik salah seorang pengawal perbatasan Estonia di perbatasan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL