iran plane crashedTeheran, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat penumpang Iran jatuh di dekat bandara Teheran, Minggu (10/8). Lebih dari 40 orang diketahui tewas.

Sebagaimana dilaporkan BBC dengan mengutip kantor berita Iran, pesawat penumpang berbadan kecil itu jatuh di kawasan pemukiman yang berdekatan dengan bandara Mehrabad di sebelah barat kota Teheran, Minggu pagi. Pesawat dikabarkan tengah lepas landas menuju kota Tabas.

Media-media barat menyalahkan buruknya kondisi pesawat-pesawat penumpang Iran yang kebanyakan sudah berusia tua. Sanksi ekonomi dan embargo yang diterapkan negara-negara barat telah menyulitkan Iran untuk mendapatkan suku cadang bagi pesawat-pesawatnya.

Laporan-laporan awal menyebutkan pesawat penumpang tersebut adalah jenis Antonov-140 buatan Rusia yang mengangkut 48 penumpang termasuk 8 awaknya.

Sebagaimana laporan BBC, telah terjadi lebih dari 200 kecelakaan pesawat terbang selama 25 tahun di Iran dengan korban mencapai lebih dari 2.000 orang.

Sementara Press TV melaporkan kecelakaan pesawat serius terakhir terjadi Januari 2011, ketika sebuah pesawat penumpang terbelah setelah mengalami kegagalan pendaratan darurat di tengah badai di barat laut Iran, menewaskan 77 penumpangnya.

Pada bulan Juli 2009, sebuah pesawat jet jatuh di kawasan yang sama, menewaskan 168 penumpang dan awaknya.

Sedangkan insiden terburuk terjadi Februari 2003 ketika pesawat Ilyushin 76 jatuh di pegunungan di sebelah tenggara Iran, menewaskan 302 penumpang dan awaknya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL