Typhoon launches operationally for the first timeAmsterdam, LiputanIslam.com — Sepasang jet tempur Belanda dilaporkan mencegat sepasang pesawat militer Rusia yang memasuki zona terbang Belanda pada Rabu (23/4), sekitar pukul 03.50 waktu setempat. Rupanya aksi ini sering terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan NATO terkait dengan konflik politik di Ukraina.

Dikutip dari CNN, juru bicara militer Belanda, Mayor Wilko Ter Horst, mengatakan dua buah jet Rusia TU-95 atau yang dikenal sebagai Bears merupakan jet pengebom. Keduanya memasuki wilayah udara Belanda sekitar 50 mil jauhnya.

“Sepasang jet F-16 pun kami kirim untuk mengawal pesawat Rusia dan memastikan mereka pergi dari wilayah udara kami,” ujar Ter Horst.

Kejadian seperti ini, kata Ter Horst, bisa terjadi hingga empat atau lima kali dalam setahun. “Kadang mereka menyeberangi wilayah udara Belanda dan kadang mereka tetap berada di wilayah utara,” tuturnya.

Krisis di Ukraina membuat Rusia semakin waspada militer. Mereka kerap kali memasuki wilayah Belanda dan juga Inggris, yang juga bagian dari NATO. Memang, NATO dengan terang menentang keras tindakan Rusia terhadap Ukraina.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL