Caracas, LiputanIslam.com– Sebuah pasawat yang diduga milik Angkatan Udara Rusia dilaporkan mendarat di Venezuela, berdasarkan sejumlah foto dan laporan pelacak penerbangan.

Menurut laporan Reuters, pesawat tersebut tiba di Bandara Internasional Simon Bolivar, di luar ibukota Venezuela, Caracas. Reuters tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kabar ini.

Melihat foto-foto yang dirilis, pesawat berjenis Il-62 itu ditempeli stiker bendera Rusia dan nomor ekor RA-86496 yang diparkir di bandara Caracas. Situs web pelacakan penerbangan, Flightradar24, mendeteksi pesawat ini dimiliki oleh Angkatan Udara Rusia Il-62M.

Jika kabar ini benar, pesawat ini sama dengan pesawat yang juga mendarat di Venezuela pada bulan Maret lalu yang memicu perselisihan antara Moskow dan Washington. Pada bulan itu, sebuah laporan menyebutkan bahwa terdapat dua pesawat Rusia membawa pasukan dan kargo militer ke Caracas, Washington pun menuntut Moskow agar keluar dari Venezuela yang dituding merupakan wilayah pengaruh Moskow.

Sebagai tanggapan, Rusia menyatakan bahwa mereka mengirimkan spesialis militer sebagai bagian dari perjanjian kerja sama teknis militer yang telah diratifikasi oleh Moskow dan Caracas.

Menlu Rusia, Maria Zakharova, menekankan bahwa Moskow meningkatkan hubungan dengan Venezuela “sesuai dengan konstitusi negara itu dan sepenuhnya menghormati undang-undangnya”. Ia lalu menuding AS memperlakukan Venezuela sebagai wilayah eksklusifnya seperti di zaman kolonial. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*