mh017Kiev, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH017 jenis Boeing 777 dengan 280 penumpang dan 15 awaknya jatuh di Donetsk, Ukraina timur, Kamis sore (17/7). Masih belum jelas penyebab jatuhnya pesawat meski muncul dugaan pesawat ditembak jatuh karena terbang di wilayah konflik bersenjata antara kelompok separatis dan pasukan pemerintah Ukraina.

Sebagaimana laporan BBC, pesawat tersebut jatuh di dekat perbatasan Rusia dengan Provinsi Donetsk yang memisahkan diri dari Ukraina. Pesawat tengah dalam perjalanan dari Armsterdam menuju Kualalumpur melalui Moskow.

Pihak Malaysia Airlines dalam akun resmi Twitter-nya menyebutkan bahwa pesawat hilang kontak saat terbang di wilayah Ukraina timur.

Sumber otoritas penerbangan Rusia di Moskow mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat telah ditemukan dalam keadaan terbakar di Ukraina timur.

Seorang pakar senjata mengatakan kepada BBC bahwa menembak jatuh pesawat pada ketinggian 10.000 meter sebagaimana pesawat Malaysia Airlines MH017, membutuhkan rudal anti-pesawat jarak jauh. Jadi kalau penyebab jatuhnya pesawat adalah tembakan rudal, kemungkinan bukan kelompok separatis pelakunya karena kelompok ini hanya memiliki rudal portabel dengan daya jangkau yang rendah.

Kemungkinan lainnya adalah ditembak oleh pesawat tempur yang lagi-lagi tidak dimiliki kelompok separatis.

Dari gambar video reruntuhan pesawat yang beredar di jejaring sosial, kemungkinan besar seluruh penumpang dan awaknya tewas.

Sejumlah pesawat tempur Ukraina telah ditembak jatuh di wilayah konflik Ukraina timur dalam beberapa hari terakhir. Ukraina menuduh Rusia sebagai pelaku penembakan 2 pesawat tempur Ukraina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL