comac cinaBeijing, LiputanIslam.com — Otoritas penerbangan Cina (CAAC) menyerahkan sertifikat penerbangan terhadap pesawat jet komersial pertama buatan Cina, COMAC ARJ21. Diharapkan pesawat ini akan memulai penerbangan komersial pertamanya tahun 2015.

Sebagaimana dilaporkan situs Air Transport World (ATW), Selasa (30/12), penyerahan sertifikat itu dikonfirmasi oleh GE Aviation, produsen mesin tipe CF34-10A yang digunakan pada pesawat jet Cina tersebut.

“Sertifikasi ini adalah capaian yang monumental bagi COMAC (perusahaan pembuat pesawat komersial Cina),” kata presiden GE Aviation David Joyce di Beijing.

Pesawat berkapasitas 78-90 penumpang ini diharapkan akan memulai penerbangan komersialnya pada bulan April atau Mei 2015, 13 tahun setelah progam ini dimulai dan 8 tahun terlambat dari jadwal awal. Operator pertama pesawat ini adalah Chengdu Airlines, salah satu anak perusahaan COMAC.

Sampai saat ini COMAC telah menerima 278 pesanan pesawat ARJ21-700, sebagian besar dari perusahaan-perusahaan penerbangan Cina.

David Joyce mengatakan bahwa mesin CF34-10A sangat ideal dengan pesawat Comac ARJ21 untuk beroperasi di wilayah yang bergunung-gunung dan dengan suhu udara yang tinggi seperti Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL