il 76Kiev, LiputanIslam.com — Milisi separatis pro-Rusia menembak jatuh pesawat pengangkut militer Ukraina di Luhansk, menewaskan 49 personil militer di dalamnya. Demikian keterangan kementrian pertahanan Ukraina, Sabtu (14/6)

Kementrian pertahanan Ukraina menyebutkan bahwa pesawat pengangkut Il-76 jatuh setelah ditembak senjata anti-pesawat di wilayah Luhansk, yang bersama Provinsi Donetsk telah menyatakan pemisahan diri dari Ukraina. Seluruh personil militer yang berada di dalamnya sejumlah 49 orang dinyatakan tewas. Menurut keterangan tersebut, pesawat yang mengangkut personil dan peralatan militer itu tengah berusaha mendarat di bandara Luhansk saat ditembak jatuh.

Ini merupakan insiden tunggal dengan jumlah korban terbesar bagi Ukraina selama operasi militer di Ukraina timur. Pernyataan tersebut menyebut aksi penembakan tersebut sebagai “keji dan khianat”.

Insiden terjadi kurang dari seminggu setelah militan separatis pro-Rusia menyerang bandara internasional Luhansk dan terlibat pertempuran sengit dengan militer Ukraina yang mengakibatkan puluhan personil separatis tewas.

Bandara kini berada di bawah kontrol militer Ukraina, namun pusat kota masih berada di bawah kontrol separatis.

Tank-Tank Rusia
Sementara itu perselisihan pendapat tentang keberadaan tank-tank Rusia di Ukraina kini melibatkan Amerika. Amerika menuduh tank-tank tersebut berasal dari Rusia.

“Rusia mengklaim bahwa tank-tank itu dirampas dari pasukan Ukraina, namun tidak ada unit-unit tank Ukraina di wilayah itu. Kami yakin tank-tank itu berasal dari Rusia,” kata jubir kementrian pertahanan AS.

Keberadaan tank-tank yang videonya muncul di dunia maya itu telah menjadi sumber pertikaian antara Ukraina dan Rusia. Ukraina menuduh tank-tank tersebut adalah tank-tank Rusia yang menerobos melalui pos penjagaan di perbatasan Luhansk. Ukraina bahkan mengklaim berhasil melumpuhkan beberapa unit kendaraan militer Rusia yang menerobos masuk wilayah Ukraina.

Rusia menolak keras klaim tersebut. Sementara para pengamat militer menyatakan tank-tank yang videonya muncul di youtube tersebut adalah tank tipe T-64 yang tidak lagi digunakan oleh militer Rusia, namun masih dioperasikan oleh militer Ukraina.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL