hercules c-130Kabul, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat angkut militer C-130 milik AS jatuh di bandara Jalalabad di Afghanistan menewaskan 11 penumpangnya, demikian keterangan seorang pejabat pertahanan AS, Jumat (2/10).

Kolonel Brian Tribus dari Angkatan Darat AS menyebut kecelakaan itu terjadi Jumat dini hari waktu setempat dan merenggut enam tentara AS dan lima kontraktor sipil. Para kontraktor ini bekerja untuk misi pelatihan militer “Resolute Support” pimpinan NATO.

“Sebuah pesawat C-130 AS jatuh di bandara Jalalabad sekitar tengah malam waktu setempat pada Jumat pagi,” kata sang pejabat seperti dikutip AFP dan dilansir Antara kemarin.

C-130 Hercules adalah pesawat kargo buatan Lockheed Martin. Pesawat ini digerakkan oleh empat mesin turboprop dan digunakan secara luas oleh militer di banyak negara untuk mengangkut pasukan dan peralatan berat.

Jalalabad berada di Afghanistan timur dekat perbatasan dengan Pakistan. Pentagon mengaku tengah mengumpulkan informasi berkaitan dengan insiden ini.

Klaim Taliban

Sementara itu kelompok Taliban yang tengah terlibat pertempuran memperebutkan kota strategis Kunduz dengan pasukan pemerintah Afghanistan, mengklaim sebagai pelaku penembakan pesawat angkut militer AS tersebut.

“Mujahidin kami telah menembak jatuh sebuah pesawat empat mesin milik AS di Jalalabad,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid lewat Twitter seperti dikutip AFP.

“Berdasarkan informasi yang kredibel 15 serdadu penjajah dan beberapa tentara boneka terbunuh,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL