perundingan di laussaneLausanne, LiputanIslam.com — Putaran perundingan program nuklir Iran yang tengah berlangsung di Lausanne, Swiss, antara Iran dengan negara-negara maju P5+1 (AS, Rusia, Inggris, Perancis, Cina dan Jerman) diperpanjang hingga Rabu (1/4).

Seperti dilaporkan BBC News, Kemenlu AS menyebutkan bahwa “perkembangan yang cukup baik” telah tercapai saat memasuki batas waktu perundingan pada hari Selasa tengah malam. Namun sejumlah isu sulit masih belum terpecahkan.

Negara-negara P5+1 ingin membatasi program nuklir Iran demi mencegahkan menjadi program senjata nuklir, sekaligus mengakhiri sejumlah sanksi ekonomi yang diterapkan kepada Iran.

“Perundingan akan berakhir setelah tercapainya solusi bersama. Kami tidak melihat jam,” kata anggota tim negosiasi Iran Hamid Baidinejad.

Para menteri luar negeri negara-negara yang terlibat dalam perundingan itu telah bertemu beberapa kali, Selasa kemarin (31/3), dalam upayanya mendorong tercapainya kesepakatan terakhir.

Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa ‘prospek perundingan sangat baik dan menjanjikan”. Sementara itu Menlu AS John Kerry sebelumnya mengatakan bahwa perundingan telah ‘memberikan cahaya yang lebih terang’.

Sementara itu BBC melaporkan bahwa perpanjangan perundingan tersebut menandakan sulitnya tercapai kesepakatan atas berbagai isu yang sangat banyak, sekaligus menunjukkan prospek tercapainya kesepakatan komprehensif yang diharapkan bisa tercapai sebelum pertengahan tahun ini.

Beberapa pejabat mengatakan kepada Associated Press bahwa ada rencana untuk mengeluarkan “framework understanding”, bersama sejumlah dokumen yang memaparkan detil-detil teknis yang memungkinkan semua pihak untuk mempersiapkan tahap akhir perundingan untuk mencapai kesepakatan komprehensif pada tanggal 30 Juni.

Sejumlah besar wartawan setia menunggu di hotel Beau-Rivage Palace tempat berlangsungnya perundingan, untuk mendapatkan setiap jengkal perkembangan perundingan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL