solar panel di Peru

solar panel di Peru

Lima, liputanislam.com—Peru mencanangkan sebuah program yang akan menyediakan listrik secara gratis kepada 2 juta penduduk miskinnya.

Program yang diberi nama Program Nasional Listrik Tenaga Surya dalam Rumah Tangga (The National Photovoltaic Household Electrification Program) ini, dimulai pada 8 Juli mendatang. Sebanyak 1601 panel solar dipasang di propinsi Contumaza negara tersebut. Menurut CleanTechnica.com, panel-panel yang merupakan tahap pertama program, akan mensuplai kebutuhan listrik bagi 126 daerah miskin.

Menteri Pertambangan dan Energi Peru, Jose Merino, meyatakan kepada para pewarta Amerika Latin bahwa program tersebut akan memungkinkan 95 persen rakyat Peru mempunyai akses listrik sendiri di akhir 2016 nanti. Hal ini akan terealisasi setelah terpasangnya 12.5oo solar (fotovoltaic) sistem, dimana akan menjangkau 500.000 rumah tangga seperti yang direncanakan.

Saat ini hanya sekitar 66 persen warga Peru yang mempunyai akses listrik di rumah-rumah mereka. Seluruh program diperkirakan akan menelan biaya 200 juta dolar.

Presiden Peru yang berasal dari Partai Nasional Peru, Ollanta Humala, pada tahun 2011 saat mengucapkan sumpah kepresidennya, mengatakan, “Para petani dan masyarakat pedesaan yang miskin akan selalu menjadi prioritas utama.” Humala mempunyai visi menyatukan semua kelompok etnis dan kelas sosial untuk menjadi bangsa Peru yang kuat, ‘anti-imperialis’ dan ‘latin amerikanis’. Ia juga bermaksud untuk mencari solusi bagi masalah Peru dengan menggalang kesatuan politik dan ekonomi antara negara-negara Amerika Latin. (LB/huffingtonpost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL