koalisi jammu kashmirNew Delhi, LiputanIslam.com — Partai eksremis Hindu yang tengah berkuasa di India, Bharatiya Janata Party (BJP) untuk pertama kalinya akan menjadi penguasa di negara bagian yang mayoritas warganya Muslim, Jammu-Kashmir setelah mengumumkan koalisi dengan Partai Rakyat Demokratis (PDP) di News Delhi. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Selasa (24/2) petang.

BJP meraih 25 kursi dalam pemilihan legislatif tahun lalu dari total 87 kursi parlemen negara bagian itu. Ia hanya kalah 3 suara dibanding pemenang PDP yang berhasil meraih 28 kursi.

“Kami telah berdiskusi selama beberapa minggu dan beruntung, kami berhasil membuat kesepakatan,” kata Ketua PDP dan politisi wanita Mehbooba Mufti kepada wartawan, usai penandatanganan kesepakatan, Selasa (24/2).

Mehbooba Mufti yang berbicara kepada pers bersama ketua BJP Amit Shah, mengatakan bahwa ayahnya yang juga menjadi kandidat perdana menteri negara bagian itu, Mufti Mohammad Sayeed, akan segera bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi. Detil dari kesepakatan itu akan diumumkan ke publik setelah tertemuan itu.

Media-media India menyebutkan bahwa Sayeed akan dilantik sebagai Perdana Menteri Jammu-Kashmir pada tanggal 1 Maret mendatang.

Kashmir adalah wilayah yang menjadi sengketa antara India dan Pakistan selama lebih dari 60 tahun dan kedua negara telah terlibat 2 kali peperangan memperebutkan wilayah itu. Mayoritas dihuni oleh warga Muslim, namun secara administratif sebagian besar wilayah ini (Jammu-Kashmir) menjadi bagian dari India yang mayoritas warganya beragama Hindu.

Selama ini wilayah ini secara politik dikuasai oleh PDP dan rivalnya partai National Conference. Namun BJP berhasil menjadi penantang serius terutama setelah keberhasilan BJP berhasil memenangkan pemilu nasional Mei tahun lalu dan mendudukkan Narendra Modi sebagai perdana menteri.

Melalui kampanye intensif, terutama di ‘kabupaten’ Jammu yang mayoritas penduduknya Hindu termasuk dengan mendatangkan langsung Narendra Modi, BJP berhasil melejit ke urutan kedua perolehan kursi parlemen.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL