Foto: Kompas

Foto: Kompas

Jakarta, LiputanIslam.com — Usai dilantik menjadi presiden dan wakil presidan Indonesia, Joko Widodo dan Jusuf Kalla diarak dalam kirab budaya rakyat, yang dimulai dari Bundaran HI sampai Istana Negara pada pukul 13.00 WIB. Ribuan masa tumpah ruah dan berjalan bersama dan beriringan mengantarkan Jokowi-Jusuf Kalla menuju istana dengan diiringi komunitas seni, karnaval batik, reog, ondel-odel, barongsai, sepeda ontel, dan perwakilan daerah seluruh Indonesia.

Pasukan Pengamanan Presiden memastikan bahwa semua orang boleh masuk mengunjungi Istana Merdeka, pada Senin (20/10/2014) sore. Hal ini berbeda dengan informasi sebelumnya dari panitia nasional Syukuran Rakyat yang membatasi sejumlah 700 orang saja.

“Semua orang boleh masuk, ini hari istimewa,” kata seorang Paspampres yang ditanya salah satu warga.

Di istana, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menyambut kedatangan Jokowi-JK, dan meminta jajaran kenegaraan untuk melayani Jokowi sebaik pelayanan yang diberikan kepadanya dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

“Kepada jajaran kenegaraan kepresidenan, berikan dukungan, bantuan, dan pelayanan terbaik kepada Presiden kita dan Ibu Negara seperti yang diberikan kepada saya dan Ibu Ani,” kata SBY, Senin (20/10/2014) seperti dilansir Kompas.

SBY mengatakan, setiap pemimpin pasti ingin melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara selama pemerintahannya. Namun, pemimpin tetap membutuhkan orang-orang di sekelilingnya untuk menopang kinerjanya tersebut agar berjalan baik.

“Pemimpin siapa pun tidak bisa mengemban tugas seorang diri. Perlu bantuan dari berbagai lembaga dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari SBY. Jokowi terkesan dengan tur singkat berkeliling Istana yang dilakukannya bersama SBY, pada Minggu (19/10/2014).

“Kemarin saya sudah dihantarkan, ditunjukkan SBY dari ruang ke ruang Istana, dari ruang tamu, ruang tidur, ruang kerja, ruangmeeting, keliling kebun yang kebetulan banyak burungnya. Mereka berkicau seluruhnya. Semoga sering bertemu,” ujarnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL