moskow tiger trainMoskow, LiputanIslam.com — Rusia memperingati Hari Harimau Siberia (Amur Tiger), Minggu (27/9) kemarin. Dengan peringatan itu warga ibukota Moskow bisa menikmati perjalanan kereta bawah tanah dengan gerbong yang dihiasi gambar-gambar harimau dan alam Siberia.

Operator Moskow Metro mulai kemarin telah mengoperasikan satu rangkaian kereta api yang berdekorasi gambar harimau dengan alam Siberia sebagai peringatan Hari Harimau Siberia. Demikian seperti dilaporkan Sputnik News, Minggu (27/9).

“Mulai hari ini, 27 September, satu rangkaian dengan dekorasi flora dan fauna Siberia mulai beroperasi di jalur Lyublinskaya Moscow Metro,” kata Ivan Ostashko, jubir Moscow Metro kepada wartawan.

“Hal ini adalah untuk mempopulerkan gambaran dari salah satu anggota keluarga kucing yang paling langka ini dan mendorong kepedulian kita terhadap keberadaan mereka,” tambahnya.

Moskow Metro merencanakan akan menjadikannya rangkaian permanen bersama 10 kereta khusus lainnya yang memiliki dekorasi berbeda-beda sesuai dengan temanya.

Harimau Siberia (Amur) merupakan sub-spises harimau yang paling besar di dunia dan satu-satunya yang tinggal di kawasan bersalju dengan habitat di Siberia, timur jauh Rusia. Selain Siberia Rusia, harimau ini, dengan jumlah lebih sedikit dibanding Rusia, juga hidup di Semenanjung Korea dan Cina.

Dengan program konservasinya, Rusia berhasil meningkatkan jumlah populasi harimau ini dari hanya 40 ekor pada tahun 1940-an, menjadi lebih dari 500 ekor saat ini.

Kereta khusus dengan dekorasi khusus pertama adalah kereta ‘Red Arrow’ yang terkenal yang menghubungkan MOskow-St Petersburg dan mulai beroperasi pada tahun 1931.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL