cina indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Presiden Cina Xi Jinping mengadakan kunjungan resmi ke India dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara. Jinping mendarat di Gujarat, Rabu (17/9). Gujarat adalah negara bagian asal PM India Narendra Modi.

Xi Jinping diharapkan akan menjanjikan investasi miliaran dolar di berbagai sektor. Sementara Modi dikenal sebagai pemimpin India yang responsif menggaet Cina sebagai mitra kerjasama strategis, sejak masih menjadi pemimpin negara bagian Gujarat.

Kunjungan ini terjadi di tengah-tengah ketegangan yang terjadi di perbatasan kedua negara. Dilaporkan, pasukan perbatasan India mendapati pasukan Cina berusaha membangun jalan darurat melintasi perbatasan “de facto” (Line of Actual Control) di wilayah Ladakh.

Meski masih memendam masalah perbatasan (kedua negara pernah terlibat perang perbatasan tahun 1962) hubungan dagang keduanya mencapai angka $70 miliar tahun lalu. Namun dari hubungan itu India mengalami defisit hingga $40 tahun lalu, naik dari hanya $1 miliar tahun 2001-2002. Demikian laporan BBC News.

Presiden Xi terbang dari Sri Lanka setelah melakukan kunjungan resmi ke nagara itu. Ia disambut secara resmi oleh para pejabat Gujarat di bandara Ahmedabad. Selanjutnya Modi menemui Xi di hotel tempatnya menginap. Pada malam harinya Modi menjamu Xi di kediaman resminya, sekaligus memperingati ulang tahun Modi yang ke-64.

Dalam kunjungan selama 3 hari ini, kedua pemimpin baru akan menggelar pertemuan kenegaraan di New Delhi. Xi juga akan bertemu para pejabat tinggi dan politisi India lainnya.

Modi adalah gubernur negara bagian Gujarat selama lebih dari satu dekade sebelum terpilih menjadi perdana menteri bulan Mei lalu melalui partai konservatif Hindu Bharatiya Janata Party (BJP).

Modi telah dikenal dekat oleh para pejabat Cina setelah mengadakan lima kali kunjungan ke Cina sebagai gubernur Gujarat. Secara terbuka Modi juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan industrialisasi Cina, dan menginginkan hal yang sama terjadi di India.

Dalam artikel yang dimuat di surat kabar The Hindu menjelang kunjungannya ke India, Xi menyatakan penghargaannya atas pernyataan Modi yang menyebut “”Cina dan India adalah 2 badan dengan satu semangat”.

“Kombinasi dari “pabrik dunia” (Cina) dengan “pegawai dunia” (India) akan menghasilkan basis produksi paling kompetitif dan pasar konsumen paling menarik,” tulis Xi.

Media-media massa India menyebutkan, Xi akan memberikan komitmen bantuan pembangunan jaringan kereta api serta sejumlah proyek infrastuktur dan manufaktur.

Sebelumnya di bulan September, Modi telah mengadakan kunjungan ke Jepang, sebagai kunjungan yang dipandang sebagai upaya India dan Jepang untuk membendung pengaruh Cina di kawasan.

Dalam kunjungan itu PM Jepang Shinzo Abe menjanjikan sejumlah investasi hingga senilai $33.6 miliar selama 5 tahun. Selain itu Jepang juga menjanjikan peningkatan investasi langsung ke India senilai $4 miliar per-tahun.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL