thorpeSydney, LiputanIslam.com — Perenang legendaris asal Australia, Ian Thorpe, mengaku ke hadapan publik bahwa dirinya seorang gay. Pengakuan tersebut disampaikan dalama wawancara dengan televisi Australia Channel 10, hari Minggu (13/7).

Thorpe (31 tahun), di tengah kecurigaan publik atas orientasi seksualnya, mengaku sebagai laki-laki normal dalam otobiografinya “This Is Me” yang terbit tahun 2012 lalu. Pada tahun itu Thorpe diketahui menderita depresi dan harus menjalani rehabilitasi.

Thorpe, pemegang 5 medali emas olimpiade di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004, pernah mengakui menderita “depresi yang melumpuhkan” yang mendorongnya menjadi pecandu minuman keras hingga pernah terpikir untuk bunuh diri.

Pada bulan Februari polisi menemukan dirinya dalam keadaan kebingungan di dekat rumah orang tuanya di Sydney.

Thorpe memulai karier cemerlangnya sebagai perenang dengan memenangkan medali emas nomor 400 meter kejuaraan dunia renang tahun 1998, saat usianya masih 16 tahun, sekaligus mencatat rekor sebagai juara dunia renang pria termuda.

Kariernya semakin cemerlang ketika merebut 3 medali emas Olimpiade Sydney tahun 2000 dan 2 medali emas lagi di Olimpiade Athena 2004.

Secara keseluruhan ia telah mengumpulkan 9 medali Olimpiade (termsuk 5 emas), 10 medali Commonwealth Games dan 13 medali kejuaraan dunia.

Pada tahun 2006 ia mengundurkan diri dari dunia renang, namun kembali lagi bertanding di Olimpiade London 2012, meski mengalami kegagalan total.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL