Tokyo, LiputanIslam.com – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyatakan bahwa pemerintah Jepang  berharap dapat berhubungan lebih erat dengan Rusia untuk menangani isu-isu seperti Korea Utara dan krisis di Suriah.

“Saya ingin berdialog secara terang-terangan perihal isu-isu penting, seperti ketegangan di semenanjung Korea, situasi di Suriah, dan masalah-masalah internasional lainnya. Saya berharap kami dapat meningkatkan hubungan dengan Rusia,” ucap Abe kepada para reporter sebelum berangkat ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Abe juga mengatakan bahwa dia ingin membuka kembali perundingan perdamaian pasca perang dahulu. Jepang ingin negara-negara bisa bekerjasama lebih erat terkait aktivitas-aktivitas ekonomi, agar tercipta iklim yang kondusif untuk penandatangan kesepakatan yang sudah lama ditunda karena sengketa teritorial antar negara.

Hubungan Jepang dan Rusia akhir-akhir ini mengalami pemulihan, sejak Abe menghadiri Eastern Economic Forum di Vladivostok, Rusia pada bulan September lalu. Abe dilaporkan melakukan pembicaraan selama 3 jam dengan Putin mengenai rencana ekonomi bilateral yang mencakup isu-isu kerjasama di bidang modernisasi gas, minyak, penerbangan, dan pelabuhan.  (AL/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL