italy prime minister lettaRoma, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Italia Enrico Letta menyatakan pengunduran dirinya setelah pimpinan partai kiri-tengah, Matteo Renzi menarik dukungannya dari pemerintahan. Demikian pernyataan Letta, Kamis (13/2).

Letta menambahkan bahwa ia akan mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Giorgio Napolitano pada hari Jum’at (14/2) di Istana Quirinale.

Keputusan Letta untuk berhenti ini diambil setelah Partai Demokrat, partai terbesar  dalam koalisi yang berkuasa, menyambut seruan Renzi, pimpinan Partai dan walikota Florence, untuk sebuah pemerintahan baru yang mampu membuka “babak baru” reformasi dan mendorong ekonomi “keluar dari kubangan”

“Italia tidak  bisa terus berada dalam ketidak-pastian dan ketidak-stabilan. Saat ini kita berada di persimpangan,” ungkap Renzi pada pertemuan Komite 140 pimpinan kuat Partai Demokrat, hari Kamis.

Renzi, 39 tahun, telah mengkritisisi Perdana Menteri atas kegagalannya untuk bertindak cukup agresif guna menanggulangi krisis ekonomi yang berlarut-larut di Italia.

Napolatino diharapkan segera menerima pengunduran diri Letta untuk kemudian memanggil Renzi guna membentuk sebuah pemerintahan baru.(lb/press tv)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL