bank swissZurich, LiputanIslam.com — Ribuan rekening tidak bertuan yang mengendap selama 50 tahun dilaporkan telah ditemukan oleh bank-bank di Swiss.

UU perbankan baru Swiss mengharuskan bank-bank untuk mempublikasikan informasi tentang rekening-rekaning yang dibuka 60 tahun yang lalu dan selama 50 tahun tidak pernah diklaim hingga saat ini.

Mengutip keterangan jubir Asosiasi Perbankan Swiss (SBA), kantor berita Russia Today melaporkan, Senin (4/5), bahwa rekening-rekening misterius itu milik warga Swiss sendiri maupun warga asing. Namun dipastikan mereka tidak terkait dengan regim Nazi Jerman.

Swiss pernah bermasalah dengan kelompok-kelompok yahudi internasional terkait dengan klaim World Jewish Congress bahwa perbankan Swiss menjadi mitra regim Nazi Jerman dengan menyimpan harta orang-orang yahudi yang dirampas Nazi selama Perang Dunia II. Karena tuntutan itu bank-bank Swiss harus membayar ganti rugi miliaran dollar pada tahun 1990-an.

Laporan temuan rekening-rekening itu pertama kali dipublikasikan oleh media Jerman Die Welt am Sonntag pada hari Minggu (3/4).

Salah satu rekening tersebut, sebut Die Welt am Sonntag, dibuka oleh seorang warga Jerman tahun 1940 dengan nilai simpanan mencapai 1.000 franc Swiss.

Tradisi perbankan Swiss yang melindungi identitas pemilik rekening juga tengah terancam dengan rencana undang-undang baru yang mewajibkan perbankan Swiss membuka identitas nasabah-nasabahnya untuk menghindari penggelapan pajak.

Bank-bank Swiss kini dikabarkan tengah melacak kembali keberadaan pemilik-pemilik rekening itu yang memiliki simpanan minimal 500 franc Swiss ($533).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL