jembatan comalPemalang, LiputanIslam.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkirakan perbaikan Jembatan Comal yang berada di jalur strategis Pantura di Kabupaten Pemalang membutuhkan waktu selama sepekan sejak mulainya pengerjaan, Jumat (18/7).

“Perbaikan Jembatan Comal yang menghubungkan jalur pantura Semarang menuju Jakarta kita harapkan selesai satu minggu,” kata Ganjar di Pemalang sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Sebagaimana diketahui akibat rusaknya jembatan Sungai Comal, jalur pantura putus total hingga menimbulkan kemacetan berkilo-kilometer. Pengguna jalan raya pantura terpaksa harus memutar untuk mencari jalur alternatif. Rusaknya jembatan tersebut juga menghambat arus mudik lebaran yang kini telah mulai ramai.

Persoalan utama dalam kesiapan arus mudik Lebaran, kata Ganjar, adalah penyiapan jalur alternatif dan perbaikan jembatan.

“Untuk perbaikan jembatan, kami serahkan kepada pihak Bina Marga dan Dinas Pekerjaan Umum, sedangkan masalah jalur alternatif akan diserahkan kepada pihak kepolisian serta Dinas Perhubungan,” katanya.

Petugas Pembuat Komitmen (PPK) Jalan dan Jembatan Bina Marga Wilayah Pemalang Yafoor Sulaiman mengatakan bahwa amblesnya oprit jembatan Comal diduga akibat pergerakan tanah yang menyebabkan penurunan penyangga jembatan. Pergerakan tanah itu, kata dia, diduga akibat banjir bandang Sungai Comal yang terjadi pada awal Februari 2014.

Saat ini pekerja melakukan pengerukan tanah yang berada di bagian sisi kiri Jembatan Comal dengan menggunakan alat berat. Dua truk kontainer pembawa besi penyangga dan peralatan lainnya sudah berada di samping timur jalur pantura Comal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL