Washington, LiputanIslam.com—Senator AS dari partai Republik, Lindsey Graham, menyarankan Pentagon agar segera memindahkan istri dan anak para tentara Amerika yang bertugas di Korea Selatan. Hal itu dikarenakan perang antara AS  dan Korea Utara “semakin dekat”.

“[Pentagon] gila mengirim istri dan anak [tentara] ke Korea Selatan, dengan adanya provokasi dari Korut,” kata Graham dalam program CBS “Face the Nation” pada Minggu (3/12/17).

“Jadi, saya ingin mereka [Pentagon] berhenti mengirim anggota keluarga dan saya pikir inilah saatnya memindahkan keluarga Amerika dari Korea Selatan.” lanjutnya.

“Kita semakin dekat dengan konflik militer karena Korut bergegas mengembangkan teknologi ICBM dengan senjata nuklir… Kita semakin kehabisan waktu,” ujar Graham, dengan merujuk kepada teknologi rudal antar benua Korut. Pyongyang sendiri mengaku senjata ICBM bernama Hwasong-15 itu dapat menyentuh wilayah AS.

Komentar Graham ini keluar setelah sebelumnya dia mengatakan bahwa AS akan berperang dengan Korut “jika [provokasi Korut] tak berubah,” meski sudah diyakini bahwa “banyak orang akan terbunuh dan terluka” jika perang pecah.

Pandangan Graham bahwa perang akan terjadi antara AS dan Korut mengikuti pernyataan yang sama oleh Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih, HR McMaster, pada Sabtu (2/12/17) lalu.

“Saya pikir [kemungkinan perang] bertambah semakin hari, yang artinya kita berkejaran dengan waktu… untuk memecahkan masalah ini,” katanya di Forum Pertahanan Nasional Reagan, California, seperti dikutip oleh CNN. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL