perang luhanskKiev, LiputanIslam.com — Pertempuran hebat terjadi di kota Luhansk dan pertempuran berubah menjadi perang kota setelah pasukan Ukraina mulai menerobos kota tersebut setelah mengepungnya berminggu-minggu.

Sebagaimana dilaporkan BBC News dengan mengutip keterangan pejabat Ukraina, Rabu (20/8), pasukan Ukraina telah menguasai satu distrik di kota tersebut. BBC juga melaporkan markas pasukan pemberontak di Donetsk menjadi sasarana pemboman. Donetsk dan Luhansk merupakan kota terbesar di Ukraina timur dan menjadi basis utama permberontakan kelompok separatis pro-Rusia.

Sementara kantor berita Rusia Ria Novosti melaporkan para pemberontak kembali menembak jatuh pesawat tempur SU-25 Froghoot Ukraina. Dikutip dari keterangan jubir Badan Pertahanan dan Keamanan, pesawat serbu darat  tersebut ditembak jatuh di atas kota Luhansk, Rabu (20/8).

“Hari ini sebuah pesawat SU-25 telah ditembak jatuh dalam misi perang. Nasib pilot belum diketahui, namun harapan masih ada bahwa ia akan selamat,” kata Andriy Lysenko kepada awak wartawan.

Awal Agustus lalu pemberontak juga menembak jatuh sebuah pesawat SU-25. Bahkan pada bulan Juli, 2 pesawat SU-25 Ukraina juga tertembak jatuh.

Sementara itu dikabarkan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu Presiden Ukraina Petro Poroshenko minggu depan, sementara jumlah korban sipil terus meningkat dan semakin banyak warga yang menjadi pengungsi.

Di sisi lain pejabat kementrian pertahanan Ukraina, Anton Gerashenko, mengatakan bahwa 14 stasiun televisi Rusia telah diblokir di Ukraina. Televisi-televisi itu di antaranya Russia Today dan Life News, yang dianggap telah “menyiarkan propaganda perang dan kekerasan.”

BBC melaporkan, hari Senin malam (18/8) pusat kota Luhansk menjadi sasaran pemboman pasukan Ukraina, dan pertempuran jalanan terjadi di kota tersebut. Seorang pejabat militer Ukraina mengklaim pasukannya telah merebut kembali kota Luhansk blok demi blok.

Pada saat yang sama beberapa laporan menyebutkan sebuah konvoi militer dari Rusia telah menerobos kota tersebut untuk membantu para pemberontak. Klaim tersebut diberikan oleh jurnalis militer Ukraina Dmytro Tymchuk, yang mengatakan “ada sejumlah besar peralatan militer.”

Pertempuran sengit juga terjadi di wilayah Makiivka, di timur kota Luhansk, beberapa jam setelah pasukan Ukraina dikabarkan telah merebut kota Ilovaisk di sebelah tenggara Luhansk.

Seorang komandan milisi pro-pemerintah Ukraina Semen Semenchenko, mengalami luka serius dalam pertempuran di Ilovaisk. Ia adalah salah seorang komandan penting milisi yang bertempur di pihak pemerintah.

Sementara itu korban serangan atas konvoi pengungsi di wilayah Luhansk hari Senin (18/8) mencapai 17 orang.  Demikian pernyataan jubir militer Ukraina Andriy Lysenko. Namun peristiwa sebenarnya atas insiden tersebut masih belum jelas setelah kedua pihak saling menuduh sebagai pelaku.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL