vladivostok carrierWashington DC, LiputanIslam.com — Perancis akan menentukan nasib pengiriman kapal perang pesanan Rusia akhir bulan Oktober atau awal November mendatang. Sebelumnya Perancis telah menunda pengiriman dan menetapkan syarat pengiriman tersebut berdasarkan kondisi keamanan di Ukraina.

Hal ini disampaikan Menhan Perancis Jean-Yves Le Drian dalam pernyataan bersama Menhan AS Chuck Hagel di Washington, Kamis (2/10) petang.

“Keputusan akan diberikan pada saat jadwal pengiriman. Itu seharusnya pada akhir Oktober atau awal November,” kata Le Drian sebagaimana dilaporkan RIA Novosti.

Le Drian menambahkan bahwa ada 2 elemen dimana Presiden Perancis Francois Hollande akan mengijinkan pengiriman itu dilakukan. Pertama adalah gencatan senjata permanen dan dimulainya proses penyelesaian politik Ukraina.

Menurut Le Drian, selama bulan September lalu kondisinya belum tepat untuk dilakukan pengiriman.

Pada tanggal 1 Oktober lalu Deputi Menlu Rusia Alexei Meshkov mengatakan kepada RIA Novosti bahwa Rusia berharap Perancis akan mengirimkan kapal amfibi dan pengangkut helikopter “Vladivostok” sesuai jadwal.

Rusia dan Perancis menandatangani kontrak pembelian 2 kapal perang kelas Mistral senilai $1,7 miliar pada tahun 2011. Kapal pertama “Vladivostok” diharapkan sudah dioperasikan oleh AL Rusia tahun ini, sedangkan kepal kedua “Sevastopol” akan dikirimkan tahun depan.

Bulan lalu Presiden Francois Hollande mengancam akan menunda pengiriman “Vladivostok”, menyebut keterlibatan Rusia dalam konflik Ukraina sebagai alasannya. Namun seorang diplomat senior Perancis kemudian membantah pembatalan tersebut, menyebut pernyataan Hollande sekedar pandangan politik dan bukan sikap resmi.

Hollande kemudian mengatakan bahwa ia akan menentukan pengiriman tersebut pada akhir Oktober. Ia menambahkan 2 syarat pengiriman tersebut yaitu adanya gencatan senjata dan penyelesaian politik dalam konflik Ukraina.

Pada hari Selasa (30/10) Deputi Direktur Jendral Rosoboronexport, BUMN persenjataan Rusia, mengumumkan bahwa Rusia dan Perancis akan menandatangani pengiriman “Vladivostok” pada akhir Oktober atau awal November.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL