perahu bintang timurBeijing, LiputanIslam.com — Jumlah korban tewas dalam musibah tenggelamnya perahu ‘Eastern Star’ di Sungai Yangtse dinyatakan sebanyak 396 orang, setelah perahu tersebut berhasil diangkat ke permukaan, hari Jumat (5/6).

Hanya 14 orang dari seluruh 456 penumpang dan awak kapal yang berhasil selamat, sementara lebih dari 40 orang masih dinyatakan hilang. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (6/6).

Setelah perahu berhasil diangkat ke permukaan, petugas pencari menemukan ratusan mayat di dalam perahu. Petugas memfokuskan pencarian pada bagian atas dan dasar perahu yang memiliki 4 dek ini.

Para pejabat, sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua, mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan di dalam perahu. Ratusan anggota keluarga korban melakukan aksi protes di lokasi pencarian atas musibah tersebut. Sementara Presiden Xi Jinping berjanji melakukan penyelidikan mendalam atas musibah terbesar selama pemerintahan komunisme Cina ini.

Kapal pesiar ‘Eastern Star’ berbobot 2.200 ton dan memiliki dimensi panjang 76 meter. Perahu ini mengangkut 405 penumpang yang sebagian besar adalah turis berusia lanjut, ditambah 46 awak kapal dan 5 petugas biro perjalanan.

Perahu ini bertolak dari Nanjing bulan April lalu dan tengah berlayar menuju Chongqing di barat-daya Cina, melalui obyek wisata ‘Three Gorges’, dalam perjalanan sejauh 1.500 km. Namun badai menenggelamkan perahu itu hari Senin lalu.

Penyebab perahu tenggelam dengan cepat masih menjadi penyelidikan, sementara perahu-perahu lain di wilayah yang berdekatan tidak mengalami hal yang sama.

Otoritas pelayaran Cina menyebutkan, tahun 2013 lalu perahu tersebut pernah diselidiki karena dugaan pelanggaran peraturan keselamatan bersama beberapa perahu lainnya.

Ini adalah kecelakaan pelayaran terbesar di Cina sejak tahun 1948, ketika kapal ‘SS Kiangya’ tenggelam di perairan Shanghai menewaskan 2.750 orang. Kecelakaan maut sebelumnya adalah pada bulan November 1999, ketika kapal feri ‘Dashun’ terbakar dan tenggelam di perairan Shandong, menewaskan 280 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL