secret serviceWashington DC, LiputanIslam.com — Petugas keamanan Gedung Putih (Secret Service) mengevakuasi sebagian staff setelah seseorang menerobos komplek kediaman dan kantor Presiden AS itu, Jumat (19/9) malam.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, penyusup tersebut, yang kemudian diketahui bernama Omar J. Gonzalez, melompati pagar dan berlari ke arah gedung North Portico, tidak lama setelah Presiden Barack Obama meninggalkan komplek tersebut dengan helikopter, menuju tempat peristirahatan akhir pekan di Camp David.

Para petugas Secret Service berhasil menghentikan penyusup tersebut dan menangkapnya setelah melewati  pintu North Portico. Selanjutnya ia dibawa ke rumah sakit di Washington DC setelah mengeluh adanya cedera di dadanya.

Staff dan wartawan yang bertugas di kompleks tersebut dikawal petugas bersenjata keluar meninggalkan kompleks. Sebagian besar staff di Gedung Sayap Barat dievakuasi akibat insiden itu.

Pada tanggal 11 September lalu petugas Secret Service juga menangkap seorang pria yang melompati pagar Gedung Putih.

Sejak tahun 1912 telah terjadi sekitar 35 kasus penyusupan ke dalam komplek Gedung Putih. Satu di antaranya adalah sebuah usaha pembunuhan yang gagal terhadap presiden Richard Nixon tahun 1974.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL