Potret pasukan AS di Provinsi Salahuddin, Irak.

Washington,LiputanIslam.com—Satu pasukan AS yang sedang bertugas di Provinsi Nineveh, Irak, dinyatakan terbunuh dalam sebuah misi bersama dengan para pasukan keamanan Irak.

“Hari ini, seorang anggota pasukan AS telah tewas saat sedang melakukan misi bersama dengan para pasukan Irak,” Jelas Pusat Komando AS (CENTCOM), pada Sabtu (10/8) kemarin.

Pernyataan itu tidak menjelaskan secara detail tentang misi yang sedang dilakukan di Irak. Namun, para pejabat Pentagon menjelaskan koalisi militer internasional AS masih terus memberantas para teroris Daesh di Irak dan Suriah meski klaim kemenangan telah diteriakkan beberapa bulan lalu.

Departemen Pertahanan AS, lebih jauh menjelaskan, bahwa identitas pasukan tersebut masih dirahasiakan sampai berita ini disampaikan kepada kerabat terdekatnya.

Baca: 9 Teroris ISIS Tewas Diganyang Pasukan Irak

Pada 2014 lalu, Pentagon membentuk pasukan gabungan dari berbagai negara untuk memerangi para teroris Daesh di sepanjang Irak dan Suriah. Meskipun begitu, banyak isu yang berkembang bahwa hadirnya pasukan gabungan AS di dua negara itu justru untuk melatih para militan untuk melengserkan kekuasaan pemerintah Suriah, Bashar al-Assad.

Hadirnya pasukan AS di Suriah tidak mendapatkan izin rezmi dari pemerintah Suriah. Bahkan, dalam beberapa kasus, justru terjadi bentrokan antara pasukan pemerintah Suriah dengan pasukan koalisi AS di Suriah. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*