Potret sistem pertahanan S-400 Rusia. Sumber: Sputnik

Washington,LiputanIslam.com—Sebelumnya, Washington telah menghentikan program F-35 bersama Turki karena negara itu membeli proram pertahanan canggih S-400 buatan Rusia.

Kepala Pentagon, Mark Esper, berharap Turki segera menyingkirkan sistem S-400 Rusia. Ia menyebut, Pentagon akan mengembalikan program jet F-35 ke Turki, jika negara itu mau menuruti permintaannya. Menurutnya, Turki akan bisa mendapatkan kembali jet tempur F-35 jika mau menghapus sistem pertahanan S-400.

“Turki telah lama bersanding dengan AS sebagai partner sekaligus sekutu. Saya berharap mereka mau kembali bersama kami, dan benar-benar hidup dengan aturan yang telah dibuat oleh NATO beberapa tahun lalu untuk mulai meninggalkan peralatan militer Rusia,” ucap Esper pada Rabu (28/8) kemarin.

Beberapa waktu lalu, Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu, menyatakan akan mencari dan membeli jet tempur alternatif jika Ankara gagal mendapatkan jet tempur siluman F-35.

Baca: Erdogan: Sistem S-400 Rusia Akan Tiba Bulan Depan

Turki sempat mengecam tindakan AS sebagai ilegal, dan menyebut AS tidak bisa melarang negara manapun untuk membali peralatan militer selain milik AS. (fd/Sputnik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*