Washington, LiputanIslam.com—Departemen Pertahanan AS menghadiahi dana $2.5 milyar untuk perusahaan senjata Lockheed Martin Corp karena memproduksi sistem misil THAAD untuk dijual ke Arab Saudi.

Lockheed Martin Corporation Missiles and Fire Control Dallas, Texas, mendapatkan hadiah $2,457,390,566 … atas produksi interseptor THAAD untuk mendukung pemerintah AS dan Kerajaan Arab Saudi,” demikian pengumuman dari Pentagon dalam jumpa pres pada Senin (1/4) kemarin.

Pada bulan November tahun lalu, pejabat Saudi dan Amerika menandatangani perjanjian penjualan 44 peluncur THAAD, rudal, dan peralatan militer lainnya kepada Riyadh senilai $15 miliar.

Pentagon menyebut, Lockheed akan menerima $1,5 miliar dari $2,4 miliar dari pemerintah Arab Saudi.

Sistem misil THAAD dibuat dan diintegrasikan oleh Lockheed Martin, sebuah perusahaan senjata terbesar di Amerika. Sistem canggih ini dirancang untuk menembak jatuh rudal balistik jarak pendek dan menengah dengan menggunakan radar deteksi canggih yang dirancang oleh Raytheon, perusahaan senjata AS lainnya.

Washington dan Riyadh telah melakukan diskusi formal terkait penjualan THAAD sejak Desember 2016. Dalam kunjungan ke Arab Saudi pada tahun 2017, Presiden Trump menandatangani kesepakatan senilai $110 miliar yang difasilitasi oleh menantu sekaligus penasihat seniornya, Jared Kushner.

Lockheed menyambut kesepakatan itu dengan menyatakan, “kami bangga menjadi bagian dari deklarasi bersejarah ini yang akan memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Kerajaan Arab Saudi.”

Kongres AS segera menyetujui penjualan THAAD di tahun yang sama. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*