samsungSeoul, LiputanIslam.com — Perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan Samsung Electronics melaporkan pendapatannya yang menurun, pertama kali dalam 3 tahun terakhir.

Seperti dilaporkan BBC News, Kamis (29/1), keuntungan bersih perusahaan itu turun 27% dari tahun sebelumnya menjadi $4,8 miliar selama periode Oktober hingga Desember 2014. Secara keseluruhan pada tahun 2014 lalu Samsung mencatat keuntungan 25 triliun won, turun dari angka tahun 2013 yang mencapai 36,8 triliun won. Ini adalah angka terendah sejak tahun 2011.

Perusahaan pembuat smartphone terbesar di dunia itu kini harus menghadapi persaingan lebih ketat dengan pesaing utamanya Apple dan perusahaan-perusahaan elektronik Cina yang lebih kompetitif.

Pendapatan dari penjualan smartphone Samsung merosot hingga 23% dibanding tahun 2013.

Perusahaan ini memperkirakan penjualan smartphone dan tablet akan mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun ini karena faktor musim.

“Bisnis smarphone kami akan difokuskan pada peningkatan penjualan melalui pengenalan produk-produk baru, seperti Galaxy Serie A,” demikian pernyataan Samsung, Kamis (29/1).

Pengumuman ini hanya berselang sehari setelah rival Sambung, Apple mengumumkan rekor keuntungan perusahaan AS itu. Hari Selasa (27/1) Apple mengumumkan keberhasilan menjual 74,5 juta unit iPhones pada kuartal yang berakhir tanggal 27 Desember lalu. Ini mengakibatkan pendapatan perusahaan itu meroket menjadi $74,6 miliar, jauh di atas angka penjualan periode yang sama tahun 2013 yang mencapai $57,6 miliar. Pada saat yang sama Apple meraih keuntungan mencapai $18 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*