Nicolas Anelka gesturesThe Guardian akhir pekan ini melaporkan bahwa sponsor klub West Bromwich Albion, Zoopla, telah menekan klub itu agar memecat Nicolas Anelka. ‘Kesalahan’ yang dilakukan Anelka adalah selebrasi ‘quenelle’ yang dituduh sebagian pihak sebagai simbol anti Yahudi. Anelka melakukan gestur’quenelle’ itu saat merayakan golnya, ketika timnya bermain imbang 3-3 dengan West Ham di Boleyn Ground, Sabtu, 28 Desember 2013.

Zoopla adalah sebuah perusahaan properti website yang dimiliki oleh pengusaha Yahudi, Alex Chesterman. Zoopla mengatakan bahwa Anelka tidak boleh dimainkan dalam pertandingan Premier League melawan Everton. Bila klub tidak memenuhi tuntutan ini, Zoopla meminta nama perusahaan itu dihapus dari kaos tim.

Gestur ‘quenelle’ dipopulerkan komedian Prancis, Dieudonne, yang kebetulan juga teman Anelka. Menurut Anelka dalam akun twitternya, “Saya tidak tahu apa hubungan agama dengan masalah ini. Quenelle ini saya dedikasikan untuk teman saya, Dieudonné.” Menurut Anelka, makna dari gesture quenelle adalah anti-kemapanan dan tidak ada kaitannya dengan anti-Semit.

Tokoh-tokoh pro-Yahudi secara gencar menyerang Anelka, dengan menyebutnya anti-Semit (tuduhan yang selalu disematkan kepada siapa saja yang mengkritik Zionis/Israel). Bahkan Menteri Olahraga Prancis, Valérie Fourneyron, menyebut selebrasi ‘quenelle’ Anelka itu ‘menjijikkan’.

Sementara itu, Dieudonné M’Bala M’Bala, komedian terkenal Prancis yang mempopulerkan gestur ‘quenelle’ dikenal sebagai orang yang punya pandangan anti-Zionis. Dia menggunakan gesture quenelle pertama kali tahun 2009 ketika mengikuti pemilu, membela sebuah partai anti-Zionis. Meskipun demikian, Dieudonné juga menolak tuduhan bahwa gesture ‘quenelle’ adalah simbol anti-Semit.

Gilad Atzmon, penulis Yahudi-anti Zionis mengomentari aksi Zoopla ini dengan mengatakan, “Saya pikir, pesannya jelas. Uang Yahudi, kedermawanan (philanthropy) dan dukungan mereka selalu punya ‘harga’. Pihak penerima ‘sumbangan’ mereka diharuskan mendukung politik dan kepentingan Yahudi, dan sangat-sangat peduli pada hal-hal yang sensitif bagi orang Yahudi.” (liputanislam/guardian/atzmon)


Profit SMS 300x250 Belajar Iklan Di Facebook 300x250






Mari share berita terpercaya, bukan hoax

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>