James-Watson-nobel_3129030bMoskow, LiputanIslam.com — Pengusaha terkaya Rusia berniat mengembalikan medali Nobel yang dibelinya dalam sebuah acara pelelangan Christie minggu lalu seharga $4,8 atau senilai hampir Rp 60 miliar.

Sebagaimana dilaporkan oleh Russia Today, Rabu (10/12), Usmanov mengakui telah membeli medali Nobel milik ilmuwan James Watson dan bermaksud untuk mengembalikan medali itu kepadanya.

Raja baja dan bisnis telekomunikasi Alisher Usmanov mengatakan bahwa Watson paling “berhak” memiliki medali itu dan ia menyesalkan kondisi Watson yang telah memaksanya harus menjual medali itu.

Medali itu diberikan kepada Watson pada tahun 1962 atas keberhasilannya menemukan struktur DNA. Dalam sebuah acara lelang, Usmanov membelinya seharga $4.8m. Ini adalah satu-satunya medali Nobel yang pernah dijual oleh pemiliknya yang masih hidup.

Medali itu diberikan kepada Watson bersama dengan 2 ilmuan lainnya yang masing-masing mendapatkan medali, yaitu Maurice Wilkins dan Francis Crick.

“Menurut pendapat saya, situasinya dimana seorang ilmuan luar biasa harus menjual medali penghargaan yang diberikan atas prestasinya sebagai hal yang tidak bisa diterima,” kata Usmanov.

“James Watson adalah salah seorang biologis terbesar dalam sejarah manusia dan penghargaan atas penemuan struktur DNA itu harus menjadi miliknya,” tambahnya.

James Watson (86 tahun) dalam sebuah pernyataan mengakui bahwa sebagian dari hasil penjualan medalinya akan didonasikan pada yayasan-yayasan pendukung penelitian ilmiah.

Majalan terkenal Forbes menempatkan Usmanov pada daftar manusia terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai $15,8 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL