penghitungan referensumLondon, LiputanIslam.com — Para petugas tengah menghitung hasil perolehan referendum pemisahan Skotlandia dari Inggris yang digelar hari Kamis (18/9).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, penghitungan telah dimulai Kamis (18/9) malam dan hasilnya akan diumumkan oleh masing-masing 32 otoritas lokal hari Jumat (19/9) ini.

Kelompok penolak pemisahan YouGov dalam survei yang dirilisnya hari Kamis, menyebut suara penolak pemisahan mengungguli suara pro-pemisahan dengan perbandingan 54% dan 46%. Survei tersebut diklaim diadakan terhadap 1.828 responden setelah mereka memberikan suaranya, ditambah 800 orang yang memberikan suaranya lewat pos.

YouGov menyebut di hari pemungutan suara terjadi sejumlah perpindahan suara dari yang sebelumnya mendukung menjadi penolak pemisahan.

Jika pendukung pemisahan menang, maka Skotlandia akan berpisah dari Inggris setelah bersatu selama lebih dari 300 tahun.

Pepimpin Skotlandia, First Minister Alex Salmond menulis di akun Twitter-nya: “Ini adalah hari yang luar biasa. Masa depan Skotlandia benar-benar ditentukan oleh rakyat Skotlandia.”

Dalam perkembangan lain, polisi dikabarkan melakukan penyelidikan atas dugaan kecurangan di 10 TPS di Glasgow. Sementara itu jumlah pemilih diperkirakan melampaui rekor angka 83% yang digelar dalam pemilihan umum tahun 1950.

Ratu Elizabeth II direncanakan akan berpidato tentang hasil referendum tersebut hari Jumat siang ini (19/9), setelah hasil referendum berhasil diketahui.

Admin Twitter menyebutkan bahwa sebanyak 1,5 juta kicauan telah ditulis terkait dengan referendum tersebut dalam 2 hari.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL