Sumber: Media Indonesia

Jakarta, LiputanIslam.com — Pengamat politik, Arif Nurul Imam berpendapat menteri dari kalangan profesional akan lebih loyal kepada Presiden Joko Widodo dibandingkan menteri dari kalangan partai politik karena ia akan fokus ke presiden tidak mementingkan kepentingan parpol.

“Menteri dari kalangan profesional tidak punya loyalitas ganda antara parpol dan presiden. Ia akan loyal ke presiden saja,” kata Arif, di Jakarta, Selasa, menanggapi penyusunan Kabinet Kerja Jilid II.

Ia pun menyarankan agar presiden memilih figur-figur menteri yang kompeten, profesional, memiliki rekam jejak sukses, dan satu frekuensi agar kebijakan antar-kementerian tidak tumpang-tindih dan saling bertolak belakang.

Baca juga: Resmikan Palapa Ring, Presiden: Ini untuk Kemajuan Bangsa

“Kelebihan menteri dari profesional jelas mereka lebih kompeten dan bebas dari kepentingan politik parpol sehingga akan bekerja maksimal untuk menjalankan visi Pak Jokowi,” tegasnya.

Sementara, presiden Jokowi mengaku baru akan fokus untuk menyusun kabinet menteri yang akan mendukung pemerintahannya kelak setelah pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Pelantikan Presiden dan Wapres periode 2019-2024 akan tetap berlangsung pada Minggu 20 Oktober 2019. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*