hamas-off-terror-list.siBrussels, LiputanIslam.com — Pengadilan Uni Eropa mencabut Hamas dari daftar kelompok teroris. Ini mengakhiri 4 tahun permintaan Hamas kepada pengadilan Uni Eropa untuk mencabutnya dari daftar kelompok teroris yang ditetapkan Uni Eropa.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (17/12), Uni Eropa awalnya memasukkan organisasi sayap militer Hamas, Izz a-Din al-Qassam Brigades ke dalam daftar teroris pada tahun 2002. Menyusul terjadinya serangkaian pemboman yang dilancarkan Hamas tahun 2003, Hamas secara keseluruhan dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Uni Eropa.

Pada bulan September 2010, Hamas menggugat Uni Eropa atas dasar penetapan itu tidak melalui proses yang fair, misalnya saja Hamas mengklaim tidak mendapat penjelasan tentang aktifitasnya yang dianggap sebagai aksi terorisme. Dan sebagai pemerintah yang dipilih secara demokratis, Hamas tidak bisa dikelompokkan sebagai teroris. Tuduhan itu, menurut Hamas, merupakan tindakan mencampuri urusan negara lain.

Dalam keputusannya tersebut Pengadilan Uni Eropa menyebut keputusan memasukkan Hamas sebagai organisasi teroris tidak berdasar pada aktifitas Hamas. Namun sehingga persidangan atas kasus ini dinyatakan selesai setelah mendapatkan tanggapan pihak-pihak terkait, sanksi berupa pembekuan asset-asset Hamas di Eropa masih tetap diberlakukan hingga 3 bulan ke depan.

Pengacara Hamas, Liliane Glock, mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya “puas dengan keputusan tersebut”. Sementara pejabat Hamas Izzat al-Rishq memuji keputusan itu sebagai keputusan yang tepat. Ia menyebut organisasinya sebagai “gerakan kemerdekaan nasional” dan bukan organisasi teroris.

Sebaliknya, politisi sayap kanan Israel dari Partai Likud, Danny Danon, menuduh Pengadilan Uni Eropa telah melecehkan orang-orang yahudi dengan mengaggap darah mereka tidak berharga. Sementara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu langsung menyerukan kepada Uni Eropa untuk tetap menjadikan Hamas sebagai organisasi teroris.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL