kepala penjara guantanamoParis, LiputanIslam.com — Pengadilan kota Paris Perancis memanggil mantan kepala penjara Guantanamo untuk memberikan keterangan tentang keterlibatannya atas penyiksaan 2 warga Perancis yang ditahan di penjara itu.

Geoffrey Miller dipanggil setelah Nizar Sassi dan  Mourad Benchellali mengajukan tuntutan terhadap mantan kepala penjara itu. Demikian seperti dilaporkan kantor berita Press TV, Sabtu (4/4).

Sassi dan Benchellali ditangkap pasukan AS di Afghanistan sebelum dibawa ke Guantanamo, dimana keduanya ditahan antara tahun 2001 hingga 2004 dan 2005. Setelah dilepaskan, mereka dikembalikan ke Perancis dimana keduanya mengajukan gugatan kepada pengadilan Perancis atas kasus yang menimpanya. Pengadilan kemudian melakukan gelar perkara kasus itu.

William Bourdon, mantan pengacara kedua orang itu menyambut baik langkah yang diambil mantan kliennya.

“Pintu telah terbuka bagi para pejabat sipil dan militer untuk digugat atas kejahatan internasional yang dilakukan di Guantanamo,” katanya, seraya menambahkan kasus ini akan menjadi preseden positif, dimana para pejabat lain akan diajukan ke pengadilan.

Dalam dokumen yang diajukan ke pengadilan Perancis tahun lalu, pengacara Sassi dan Benchellali menuduh Miller telah ‘memiliki rencana dan otoritas sistematis untuk menyiksa dan memperlakukan orang secara tidak patut meski tanpa tuduhan dan tanpa hak-hak dasar bagi tahanan.”

Dokumen itu juga menuduh Miller “menanggung tanggungjawab kriminal atas kejahatan-kejahatan perang dan tindakan-tindakan penyiksaan terhadap para tahanan di Guantanamo.”

Miller yang menjadi kepala penjara Guantanamo antara tahun 2002 dan 2004 serta mantan kepala penjara Abu Ghraib di Iraq, dituduh melakukan teknik-teknik penyiksaan yang disetujui oleh Presiden AS saat itu George W Bush, yang menyebutnya sebagai “teknik-teknik interogasi yang lebih maju.” Teknik-teknik penyiksaan tersebut dianggap melanggar Konvensi Genewa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL