File photo of supporters of the Muslim Brotherhood and ousted President Mursi reacting in a court in AlexandriaKairo, LiputanIslam.com — Sebuah pengadilan Mesir mengukuhkan hukuman mati bagi 183 anggota Ikhwanul Muslimin yang didakwa terlibat dalam penyerangan terhadap kantor polisi tahun 2013.

Sebelumnya pada bulan April, seorang hakim memvonis hukuman mati terhadap 683 anggota Ikhwanul Muslimin, langkah mana telah mengejutkan dan menjadi perhatian masyarakat dunia.

Sebagaimana laporan BBC, hari ini (21/6), Mohammed Badie, pemimpin tertinggi Ikhwanul Muslimin Mesir, termasuk dari 183 anggota Ikhwanul Muslimin yang divonis mati.

Sejak Desember tahun lalu rezim dukungan militer Mesir telah menjatuhkan hukuman terhadap ratusan anggota Ikhwanul Muslimin.

Vonis hari Sabtu (21/6) dijatuhkan oleh sebuah pengadilan di kota Minya, selatan Kairo. Empat dari terpidana dijatuhi hukuman penjara 15-25 tahun. Sedangkan sisanya dari 683 terdakwa itu dibebaskan.

Para terdakwa tersebut dituduh terlibat pembunuhan dan percobaan pembunuhan terhadap beberapa polisi di Provinsi Minya tanggal 14 Agustus 2013. Pada hari yang sama saat itu polisi dan tentara Mesir menewaskan ratusan anggota Ikhwanul Muslimin di Kairo.

Banyaknya terdakwa serta beratnya hukuman yang dijatuhkan serta cepatnya proses pengadilan terhadap mereka telah mendapatkan sorotan negatif masyarakat internasional.

Jaksa yang menjatuhkan hukuman, Sa’ed Yusef Sabri, telah dikenal dengan reputasinya yang “kejam” hingga mendapat julukan “tukang jagal”.

Para aktifis HAM, dipimpin mantan ketua Komnas HAM Mesir Hesham Qasim, mengatakan kepada BBC bahwa pemerintah harus melakukan langkah untuk menghentikan kekejaman hakim. Menurutnya, hukuman mati akan menimbulkan dampak negatif bagi Mesir terutama dalam hubungannya dengan dunia internasional.

Sementara aktifis Aida Seif al-Dawla, mengatakan bahwa hukuman yang dijatuhkan tersebut berdasarkan motif politik, yaitu untuk menghancurkan kekuatan Ikhwanul Muslimin.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL