wartawan mesirBerlin, LiputanIslam.com — Pengadilan Jerman tengah mempertimbangkan untuk mengekstradisi wartawan Al Jazeera ke Mesir. BBC News melaporkan, Ahad (21/6).

Ahmed Mansour, wartawan media yang berbasis di Qatar itu ditangkap saat hendak berangkat ke Qatar dengan penerbangan dari Berlin.

Pengadilan in absentia Mesir menjatuhkan hukuman penjara selama 15 tahun kepadanya atas tuduhan penyiksaan. Pengacara Mansour mengatakan bahwa dengar pendapat tentang permintaan ekstradisi Mesir akan digelar hari ini (22/6).

Namun, meski pengadilan memutuskan ekstradisi, pemerintah Jerman masih bisa menveto keputusan itu.

Al-Jazeera mengatakan bahwa tuduhan terhadap wartawannya yang berkewarganegaraan ganda Inggris-Mesir itu ‘absurd’ dan palsu.

Sementara itu pada hari Minggu (21/6), atau setelah Mansour berada di penjara selama 2 malam, para pendukungnya menggelar aksi protes di depan penjara. Kelompok yang menamakan diri ‘German-Egyptian Union for Democracy’ menuntut pembebasan Mansour.

Jubir kepolisian Jerman mengatakan bahwa surat perintah penahanan yang dikeluarkan otoritas Mesir menyebutkan Mansour sebagai pelaku sejumlah tindak kejahatan, namun tidak memberikan penjelasan lebih rinci tentang hal itu.

Al-Jazeera mengatakan bahwa surat perintah penahanan itu telah ditolak oleh Interpol karena tidak memenuhi ketentuan Interpol.

Dalam sebuah video yang dibuat di dalam tahanan Mansour mengatakan insiden penangkapan dirinya sebagai ‘kesalahpahaman’ dan ia berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat. Ia menyebut penangkapan dirinya sebagai tindakan penindasan terhadap kebebasan pers yang tidak sesuai dengan nilai-nilai demokrasi Jerman.

Tiga jurnalis al-Jazeera, termasuk warga Australia Peter Greste, ditangkap di Mesir pada tahun 2013 dengan tuduhan mendukung Muslim Brotherhood yang dinyatakan sebagai organisasi terlarang.

Greste kemudian dideportasi ke negaranya setelah ditahan selama setahun. Dua wartawan lainnya, warga Kanada Mohamed Fahmy dan warga Mesir Baher Mohamed dibebaskan dengan jaminan pada bulan Februari lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL