innocent of islamWashington, LiputanIslam.com — Sebuah pengadilan banding di Amerika Serikat pada Rabu, (26/2),  memerintahkan Google Inc untuk menghapus film Innocence of Muslims yang dianggap anti-Islam, di situs YouTube. Film berjudul Innocence of Muslims itu sebelumnya memicu protes umat Islam di di seluruh dunia.

Dengan suara 2 banding 1, panel yang terdiri atas sembilan juri menolak pernyataan Google bahwa penghapusan film itu melanggar Konstitusi AS. Pihak Google dikabarkan akan mengajukan banding ke pengadilan yang lebih tinggi.

“Kami sangat tidak setuju dengan putusan ini dan akan melawannya,” kata juru bicara Google.

Penggugat yang juga salah satu pemain dalam film itu, Cindy Lee Garcia, mengajukan keberatan atas film tersebut dengan menyatakan klip yang dibuat sebenarnya untuk film yang berbeda. Film itu sebagian juga disulihsuarakan, termasuk saat ia muncul dalam salah satu adegan dan bertanya, “Apakah Muhammad Anda seorang pemangsa anak?”

Cris Armenta, pengacara Garcia, menyatakan senang dengan keputusan tersebut.

“Memerintahkan YouTube dan Google untuk menghapus film itu adalah hal yang tepat untuk dilakukan,” kata Armenta dalam surat elektroniknya kepada media. Ia menyatakan, saat diajak syuting, kliennya hanya diberitahu bahwa film yang akan dibintanginya adalah film tentang petualangan.

Film kontroversial itu mulai muncul di YouTube tahun 2012, dan langsung memicu kegemparan di berbagai negara yang mayoritas penduduknya Muslim.(ca/tempo.co/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL