islamic ringStockholm, LiputanIslam.com — Sebuah studi baru membuktikan bahwa bangsa Viking kuno telah mengenal kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya cincin batu mulia yang bertuliskan “Kepada Allah” di atasnya dalam huruf Arab. Demikian situs Science News melaporkan, Jumat (13/3).

Menurut laporan itu, cincin tersebut ditemukan lebih dari seabad lalu di makam kuno abad ke-9 seorang wanita bangsa Viking. Oleh pemiliknya di Swedia, cincin batu amethyst (kecubung) itu diberi nama ‘Birka’.

Namun penelitian mendalam dengan menggunakan mikroskop elektron menunjukkan mata cincin itu bukan dari batu kecubung, melainkan melainkan gelas warna, benda yang masih sangat mahal kala itu, kata peneliti dari Stockholm University Sebastian Wärmländer. Logam pengikat cincinnya terbuat dari perak.

Bangsa-bangsa Skandinavia termasuk Viking telah memperdagangkan gelas-gelas mahal dari Mesir dan Mesopotamia (Irak) sejak 3.400 tahun lalu. Diduga mereka, yang gemar berlayar, telah mendapatkan barang-barang perhiasan Islam di kedua wilayah itu pada awal perkembangan Islam.

Teks-teks kuno menyebutkan adanya hubungan antara bangsa-bangsa Skandinavia dengan dunia Islam sekitar seribu tahun yang lalu, mencakup wilayah Asia Barat hingga pulau-pulau di Laut Tengah. Hal ini diperkuat dengan temuan-temuan arkeolog, meski dengan kuantitas yang lebih sedikit.

Selain tulisan “Allah” di permukaan batu cincin, di permukaan perak yang mengikatnya juga tertulis ‘tanda’ pembuatnya yang menunjukkan cincin itu dibuat oleh perajin perhiasan Arab.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*